Resep dan Cara Membuat Kaldu Ayam Bubuk HomeMade (Non MSG) Pastinya Sehat untuk Batita !!

Sekarang saya sudah tidak galau soal MSG dalam masakan untuk balita saya karena saya sekarang bikin kaldu bubuk sendiri non MSG,,ini resep sudah pernah booming bbrpa tahun lalu di Grup ini,ini saya share kembali resep mbak Gendis Shinta semoga menginspirasi Buntik semua yg punya balita ataupun sekedar ingin memgurangi micin2nan, semoga bermanfaat.


Bahan-bahan :

  • 300gr daging ayam (bagian dada)
  • 1 buah wortel / 100 gram
  • 25 siung bawang putih
  • 1/2 siung bawang bombay ukuran besar
  • 1 buah daun bawang
  • 1 sdt garam (resep asli 2 sdm)


Note : Untuk bayi penggunaan garam bisa di skip ya bunda

Cara membuat :

  1. Haluskan semua bahan menggunakan food processor atau jika tidak punya bisa menggunakan blender dgn diberi sedikit air (saya menggunakan blender)
  2. Sangrai kaldu halus di atas wajan anti lengket tanpa minyak sambil terus diaduk hingga setengah kering (tujuannya untuk menghilangkan kandungan air)
  3. Ratakan kaldu yg sudah disangrai diatas loyang kemudian oven dengan sebentar2 diaduk agar tidak gosong (saya diratakan di wajan happycall double pan)
  4. Setelah sudah mulai kering dan garing, blender menggunakan blender bumbu kering yg kecil hingga halus kemudian ratakan lagi di atas loyang kue dan oven kembali hingga kering (saya menggunakan happycall double pan)
  5. Terakhir blender lagi agar kaldu bubuk semakin halus, kemudian masukkan dalam stoples kaca yg sudah disterilkan


Source : Ndaru Gendis Shinta
Modified : Erna Noveriyanti
Sumber : facebook

Entri Populer

Cara Membuat Kue Lapis Sagu Bisa Tahan 5 Hari Mesti Tanpa Lemari Pendingin !!

Resep Membuat BASO TEMPE ISI TELUR Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Keluarga Tercinta!!

Resep Risol Paling Super Hemat. Biasanya Terigu 1/4 jadinya 15-20 Lembar, Tapi Resep ini 1/4 jadinya 30-33 Lembar!