Resep Membuat Puding Lumut Pandan Lapis Coklat. Manis Gurih Mantap Banget !

Akhirnya aku baru kesampaian juga bikin puding lumut yang super ngehits ini, telat bund ya aku bikinya hehhe.. Alasan kenapa aku tidak bikin pas lagi ngehits beberapa bulan kebelakang? jujur saja bund ya, pertama aku liat puding ini serasa geli dengan bentuk fisiknya yang bener-benar seperti lumut beneran heheh, lalu aku perhatikan, ko bisa ada gumpel-gumpalan mirip seperti lumut ya, setelah aku tahu kalo itu dari penggunaan telur, wah sudah di pastikan akan tercium bau amis.


Selang beberapa waktu akhirnya aku di tahan juga terkena arus hehehe karena teman-teman ku semuanya pada bilang Enak, manis dan ada gurihnya. setelah itu aku langsung segara stock daun pandan buat bikin puding lumut ini eh malah di pakai Art bund, dan akhirnya terpaksa aku pakai Essens Pandan, Jadi dibagian yang beningnya ikutan hijau, padahal aku pengennya itu dibagian beningnya tidak gonjreng seperti ini, lebih suka yang natural, tetapi apalah dayaku ya sudahlah yang terpenting 1st Trial ini sudah ada gambaran step by step untuk ke depanya bagimanaa hehehehe

Supaya tampilannya lebih menarik minat orang rumah, sengaja aku tambahkan lapisan coklat dan ternyata oh ternyata rasanya sungguh match dan enak pake bangett,  gurih lembut dan tidak ada bau amis sama sekali dari telurnya.

Simak yuk resep dan cara pembuatanya di sini bund:

Bahan-bahan Puding Lumut:

  • Agar swalow bening 2 bungkus
  • Gula pasir 350 gram
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Santan Kental (boleh Kara) 250cc
  • Jus Pandan 200cc (20 lembar daun pandan, tambahkan air lalu blender dan saring) aku pakai pasta pandan 1,5 sendok teh, karena kehabisan daun pandannya tadi
  • Air 1200cc
  • Telur ayam kocok lepas 3 butir
  • Esens vanilli 1 sendok teh


  • Bahan Puding Cokelat
  • Agar swalow bening 2 bungkus
  • Susu kental manis cokelat 1/2 kaleng
  • Bubuk coklat 3 sendok makan
  • Gula pasir sesuai selera
  • Air 1400cc


Cara Pembuatan Puding Lumut Lapis Cokelat

  1. Kocok lepas 3 butir telur menggunakan garpu, lalu campurkan dengan semua bahan-bahan untuk puding lumut ke dalam 1 panci aja, kemudian rebus di atas api sedang dan sesekali di aduk-aduk.
  2. Setelah mendidih segera kecilkan api sambil menunggu 'lumutnya' terbentuk dengan sendirinya.
  3. Setelah itu tuangkan ke dalam cetakan puding nya (aku pakai cup ukuran kecil) takaran resep ini jadinya banyak, kalo bunda berniat untuk di makan sendiri di sarankan bikin setengah resep saja.
  4. Membuat puding cokelat - Rebus semua bahan-bahan yang ada sampai mendidih, lalu tuangkan tepat di atas puding lumut, tapi pastikan dulu sebelum menuangkan kalo lapisan puding lumut tadi sudah mulai berkulit.
  5. Diamkan pada suhu ruang sampai mengeras, lalu masukkan ke dalam kulkas, dan nikmati di ke esokan harinya setelah adzan dzuhur eummm dingin-dingin empuk.


Penampilan puding lumut lapis cokelat ini terlihat sangat unik, dan tastenya manis dari cokelat dan gurih dari lumutnya, pokoknya kalo bunda makan cuman 1 cup saja pasti akan nambah lagi hehehe

Selamat mencoba!

Resep & Foto by Bunda Tintin Rayner

Entri Populer

Cara Membuat Kue Lapis Sagu Bisa Tahan 5 Hari Mesti Tanpa Lemari Pendingin !!

Resep Membuat BASO TEMPE ISI TELUR Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Keluarga Tercinta!!

Resep Risol Paling Super Hemat. Biasanya Terigu 1/4 jadinya 15-20 Lembar, Tapi Resep ini 1/4 jadinya 30-33 Lembar!