Resep Cara Membuat Chiffon Pandan Cake Lembut dan Empuk, Pas untuk Teman Ngeteh di Rumah ...

Kalau dipikir-pikir sebenarnya membuat chiffon cake hampir mirip seperti membuat cotton Japanese cheesecake. Adonan chiffon cake umumnya terbagi menjadi dua bagian. Adonan pertama atau adonan dasar umumnya terbuat dari kuning telur, minyak, air/santan/susu cair dan tepung terigu (plus baking powder atau tidak), khusus untuk Japanese cheesecake maka pada adonan dasar ini ditambahkan cream cheese.

Adonan kedua adalah meringue, yaitu putih telur yang dikocok hingga kaku bersama gula dan terkadang menggunakan sedikit cream of tartar. Adonan pertama umumnya memiliki tekstur pekat dan kental, namun ketika meringue dimasukkan dan diaduk maka adonan secara keseluruhan akan menjadi ringan dan fluffy.

Chiffon cake hadir dengan aneka rasa dan warna, misalnya coklat, orange, pandan, taro (talas), pisang atau ketela rambat. Untuk pemula, saya sarankan untuk tidak mencampurkan aneka bahan lainnya di dalam adonan dasar, kecuali pewarna atau perasa seperti pasta atau coklat bubuk. Karena menambah bahan seperti talas, pisang atau ketela rambat biasanya akan membuat adonan menjadi lebih berat. Adonan berat akan membuat cake susah naik dan mengembang.

Jadi pastikan anda menguasai terlebih dahulu resep simple membuat chiffon cake, jika yang satu ini sukses maka anda boleh merambah ke bagian modifikasi resep. Saya tahu memang memodifikasi resep merupakan hal yang mengasyikkan, terus terang saya pernah melakukan modifikasi resep chiffon cake dengan menambahkan talas yang dihaluskan.

Kala itu saya bahkan belum pernah sukses membuat simple chiffon cake dan sudah berlagak hendak membuat versi lebih ribetnya. Ketika cake pertama sukses melorot dari loyangnya, dan cake kedua mengalami nasib yang sama barulah saya menyadari bahwa membuat chiffon cake bukanlah pekerjaan enteng.

Bahan-bahan utama :

  • 200 grm tepung terigu
  • 200 grm gula pasir
  • 8 butir telur pisahkan kuning dan putihnya
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 200 ml santan
  • 2 lbr daun pandan
  • 1/2 sdt garam
  • 75 ml minyak goreng
  • 1/4 sdt cream of tar tar
  • 1 sdt pasta pandan


Langkah pembuatan:

  1. Masak santan+daun pandan sambil diaduk sampai mendidih dan wangi pandan dgn dgn api kecil.sisihkan#saya pakai 90 ml santan instan+air jadikan 300 ml..(stelah santan masak ambil menjadi 200 ml) sisihkan biarkan dingin.
  2. Dalam wadah besar campur kuning telur,minyak dan santan aduk rata.Masukkan tepung terigu/baking powder/vanili yg sdh diayak,aduk rata tambahkan pasta pandan aduk kembali.sisihkan.
  3. Kocok putih telur dgn kecepatan tinggi selama 5 mnt..masukkan cream of tar-tar,lalu masukkan sedikit2 gula pasir sampai habis.kocok sampai soft peak.selama 10 mnt.
  4. Masukkan kocokkan putih telur ke dalam campuran kuning telur td aduk pakai spatula sampai rata.
  5. Masukkan adonan kedalam loyang chiffon uk 24 tanpa dipoles apapun.
  6. Panggang dlm suhu 160-180'c selama 60 mnt.test tusuk.
  7. Kalau bagian atasnya masih agak lengket boleh pakai api atas sebentar.
  8. Keluarkan cake dari oven, dan balikkan loyang diamkan sampai dingin.baru cake dikeluarkan dr loyang dengan cara diseset perlahan sambil diputar dgn pisau tipis bagian pinggirnya.
  9. Loyang dibalik biarkan cake dingin.
  10. Sudah dingin Cake dikeluarkan dr loyang
  11. Potong-potong lalu dihidangkan Lembut bak kapas kempyus2.👍👍👌👌
Selamat mencoba ya buntik-buntik !!

Entri Populer

Cara Membuat Kue Lapis Sagu Bisa Tahan 5 Hari Mesti Tanpa Lemari Pendingin !!

Resep Membuat BASO TEMPE ISI TELUR Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Keluarga Tercinta!!

Resep Risol Paling Super Hemat. Biasanya Terigu 1/4 jadinya 15-20 Lembar, Tapi Resep ini 1/4 jadinya 30-33 Lembar!